Kamis, 07 November 2013

Kakak sepupuku sayang

Sekedar sharing aja nih, blogger. gue punya kakak sepupu, namanya Pheny. sekarang sih doi udah almarhum sejak Februari 2013 lalu. Cepet banget rasanya dia pergi ninggalin gue. biasanya, tiap Sabtu-Minggu gue digaulin dia *eh maksudnya gue Sabtu Minggu biasa jalan sama dia. Ya salah satunya emang karena gue jomblo juga sih dari yg 3tahun itu yang sebut aja namanya Adi itu.. Oiya, back to topic.. gue sayang, sayang bgt sama dia. dia salah satu orang yang motivasi gue buat move on dari sebut saja Adi. dia orang yang mandiri, ceria, periang, gak gampang ngambek dan ngertiin gue banget! she's the best buat gue. gak ada, dan gak akan pernah ada yang gantiin dia didunia ini, dihati gue. dia yang always listening always understanding sama gue, dia yang always available kalau diajak jalan liburan atau cuma liat liat sekedar gitu ke Mall. umurnya baru 23tahun, iya, dia meninggal muda. yang bikin nyesek adalah dia sakit kanker otak stadium 4 tanpa ada yang tau termasuk gue. Setelah diteliti dokter, penyakit itu timbul sejak dia SD. Mba permbantunya juga bilang sih, dia sering pusing gitu. ya emang juga, dia sering ngeluh pusing kalau gue ajak jalan. kalau ke Mall, dia cuma kuat paling 3-5jam. selebihnya dia bilang 'gue pusing dek, pulang ya, orangnya ada banyak bgt muter muter dikepala gue' oh, God.. gue fikir dia cuma pusing biasa. karena mamanya emang sering ngeluh pusing seperti itu dan pas dicek ke dokter syaraf, semua fine fine aja. Dia orang yang kuat. terbukti dong dari dia SD sampai ajal jemput, dia masih kuat lawan kanker otak tanpa ada keluhan keluar dari mulutnya. Pheny, i miss u so badly, sist :(
Oiya, yang seru dari hidupnya selain dia mandiri, periang, sabar, dan gak ambegan patut diacungi jempol juga kesetiaan dia. setia banget men dari 2006-2013 dia menjemput ajal, backstreet dari keluarga tentang kisah cintanya. Iya, Pheny dan sebut aja namanya Dodo, mereka jadian 2 Januari 2006. Dodo itu anak genk motor gitu. Nah kebetulan itu genk motor yang bikin kakak sepupu gue yang sebut aja namanya Mimit. Perkenalannya singkat bgt, bulan Desember 2005 kenalan, Januari 2006 mereka udah jadian. mereka backstreet khususnya sih dari mamanya Pheny. sampai detik ini, yang gue tau mamanya Pheny masih gak suka gitu sm Dodo. sedih ya, padahal kakak sepupu gue udah gak ada.. dari mulai telfon kucing kucingan sampai malam minggu gue dijadiin tumbal biar mereka bisa ketemuan, di lakuin sama almarhum kakak gue. Love is blind, yap kalau gak buta mungkin sekarang Pheny udah jadian sama sebut aja Dr. Mario, cowok recomend mamanya.
Dia juga salah satu sepupu yang paling disayang bokap gue, terbukti dari dia minta dibehel bokap gue ngasih aja giliran gue ngga -O-
sekarang, dia jadi inspirasi gue. gue suka kangen banget deh sama dia kalau malam malam. terlebih malam Minggu. dengan gayanya yang lemot dan humoris, dia berhasil buat hidup gue berwarna dan menjadikan gue family oriented gitu. Oiya, kita bahas akhir hayat dia aja ya..
Bulan Januari, 2013 gue ada acara keluarga di Puncak. saat itu dia datang sm keluarganya dengan muka yang pucat. iya dia emang bilang lagi gak enak badan. diajak berenang gak mau, maunya cuma nyantai duduk duduk aja. disitu akhir kali dia ketemu keluarga besar KROMO PAWIRO. terakhir kali liburan bareng. terakhir kali bercanda bareng. disitu masih belum ada yang tau dia punya kanker. kita semua taunya dia sakit biasa. udah. itu aja..
gak selang lama ya kurang lebih dua minggu dari puncak itu, dia masuk rumah sakit. gue nungguin dia dirumah sakit. gue nginep dirumah sakit. tadinya dia gak mau dirawat, dan kebetulan kamar kelas 2 dan 1 di RS itu kosong. adanya kelas 3. tapi setelah dibujuk yaudahlah dia mau masuk di kamar kelas 3 RS tersebut. disana, dia masih pusing dengan diagnosa vertigo. konyolnya, doikter disana udah seharian masuk ruang perawatan masa belum ada yang visit. sedih banget. gue kebagian jagain dia di malam ke3. gantian sama mamanya. disitu, kita masih bisa bercanda dan cerita cerita. meskipun gak lama lama karena kepalanya sakit banget katanya. gue sempat tidur disamping ranjang dia sambil duduk dan pegangin telapak tangan dia. oiya, fyi aja, gue takut banget jaga dirumah sakit. gue takut keranda, mayat, ruang mayat, ambulance, dan kuburan. itu salah satu pertimbangan gue gak nerusin kuliah di jurusan kesehatan seperti SMF gue dulu. gak lama setelah hari itu, dia keluar dari RS, hari Senin seingat gue dia keluar dari RS karena menurut dia, sama aja dirumah dan di RS malah enakan dirumah..
Seminggu dirumah, dan sakitnya gak hilang hilang akhirnya dia ke RS lagi buat ct-scan di RS tempat doi dirawat hari Senin berikutnya pas ct-scan, katanya ada gumpalan diotak. karena dokter masih ragu, dia jalanin MRI di salah satu RS negeri di Jakarta.Dari MRI itu, hasil baru diketahui hari Rabu. pas hari Selasa dia MRI itu, dia udah dalam keadaan yang menghawatirkan. dia kan MRI Selasa siang, pas sore di ruang perawatan, si assistant profesor yang menangani dia datang visit dan bilang di dekat dia "ini udah parah dan harus dioperasi" kurang lebih gitu penggalan kata kata asdok-nya. kemungkinan dia shock, kaget, strees dan hilanglah kesadaran dia. 2menit nafasnya hilang.. terus dia dibawa ke ruang ICU. di ICU dia dapat intensive 1Minggu. seingat, gue, tepat 20 Feb 2013 dia menghembuskan nafas terakhirnya di ruang ICU. gue, yang saat itu lagi di Dufan sama teman teman, shock, ngerasa bersalah, gak percaya.
emang sih, sebelumnya nyokap gue bilang "gak usah ke dufan mba, ntr kalau ada apa apa sama Pheny, kamu yang nyesal" gue bandel dan berfikir, 'ah gpp kali ya orang seminggu ini belum ada perkembangan juga' lanjut ke Dufan. di Dufan mood gue emang udah gak baik deh.. pas jam setengah lima sore, gue dapat telfon dari nyokap gue 'mba, dimana? masih lama? mba kritis nih' nyokap cuma berani ngomong gitu. gak selang lama, 3menit darinyokap telfon, sepupu gue yang namanya Desta broadcast 'innalillahiwainnalillahirojiun mba Pheny meninggal jam 4.20' astaghfirullohalazim! cem kesamber petir banget gak sih.
Dari situ gue nangis tp ngga kejer kayak anak kecil minta mainan baru juga sih hehe iya gue nangis tuh nyesal banget. kenapa gue gak ada di samping dia saat terakhirnya huhuhu sampai saat ini gue masih menyesalkan hal tersebut.
Dari Dufan gue bergegas keluar dan nyari motor. mana di jalan dari Dufan ke RS tuh macet total. maklum lah, emang lagi jam pulang kerja. gue sampai di rumah sakit sekitar jam 6an, pas banget maghrib bareng kakak sepupu gue, Romei. di parkir motor, gue nangis dipelukan Romei. Jujur, ini kali pertama gue ke rumah sakit dengan keadaan keluarga gue ada yang meninggal. Pas kakek gue meninggal, gue cuma lihat dirumah. Sesampainya di ruang mayat, gue nangis diluar, si mbak lagi dimandikan. selesainya dia dikafani, gue cuma berani lihat dari pintu. gue berusaha banget ngga nangis di depan jenazah. kalau kata orang orang kan kalau kita nangis, dia sedih ntar dan ngeberatin langkahnya hehehe mitos sih. lagian disisi lain gue juga gak mau buat keluarga tambah sedih, jadi yaudah lah. gue pendem aja terus tuh air mata.
Besoknya, beliau dimakamin pagi sebelum dzuhur. gue gak ikut ke pemakaman. gue dirumah aja jaga kandang. Kiranya segitu aja ya blogger, gue udah sedih bgt nih ceritain tentang dia yang terindah itu.. Pesan gue, kalau kalian punya keluarga atau teman terdekat, bahagiain dia sebelum kita gak bisa lihat dia tersenyum. see u next time yaaa. thankyou for looking my blog!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar